Ridha dan Yakin Pilihan Allah Adalah Yang Terbaik



Imam adz-Dzahabi dan Ibnu Katsir menukil dalam biografi shahabat yang mulia dan cucu kesayangan Rasulullahal-Hasan bin ‘Ali bin Abi Talib, bahwa pernah disampaikan kepada beliau tentang ucapan shahabat Abu Dzar : “Kemiskinan lebih aku sukai daripada kekayaan dan (kondisi) sakit lebih aku sukai daripada (kondisi) sehat”. Maka al-Hasan bin ‘Ali  berkata: “Semoga Allah merahmati Abu Dzar, adapun yang aku katakan adalah: “Barangsiapa yang bersandar kepada baiknya pilihan Allah untuknya maka dia tidak akan mengangan-angankan sesuatu (selain keadaan yang Allah  pilihkan untuknya).

Inilah batasan (sikap) selalu ridha (menerima) segala ketentuan takdir (Allah ) dalam semua keadaan (yang Allah ) berlakukan (bagi hamba-Nya)”.Atsar (riwayat) shahabat di atas menggambarkan tingginya pemahaman Islam para shahabat dan keutamaan mereka dalam semua segi kebaikan dalam agama (Al Fawaid, Imam Ibnul Qayyim).Dalam atsar ini shahabat Abu Dzar menjelaskan bahwa kondisi susah (miskin dan sakit) lebih baik bagi seorang hamba daripada kondisi senang (kaya dan sehat), karena biasanya seorang hamba lebih mudah bersabar menghadapi kesusahan daripada bersabar untk tidak melanggar perintah Allah  dalam keadaan senang dan lapang, sebagaimana yang diisyaratkan  dalam sabda Rasulullah : “Demi  Allah, bukanlah kemiskinan yang aku takutkan (akan merusak agama) kalian, akan tetapi yang aku takutkan bagi kalian adalah jika (perhiasan) dunia dibentangkan (dijadikan berlimpah) bagi kalian sebagaimana (perhiasan) dunia dibentangkan bagi umat (terdahulu) sebelum kalian, maka kalianpun berambisi dan berlomba-lomba mengejar dunia sebagaimana mereka berambisi dan berlomba-lomba mengejarnya, sehingga (akibatnya) dunia itu membinasakan kalian sebagaimana dunia membinasakan mereka” (H.R Bukhari dan Muslim)

Akan tetapi, dalam atsar ini, cucu Nabi  al-Hasan bin ‘Ali  mengomentari ucapan Abu Dzar di atas dengan pemahaman agama yang lebih tinggi dan merupakan konsekwensi suatu kedudukan yang sangat agung dalam Islam, yaitu ridha kepada Allah  sebagai Rabb (Pencipta, Pengatur, Pelindung dan Penguasa bagi alam semesta), yang berarti ridha kepada segala perintah dan larangan-Nya, kepada ketentuan takdir dan pilihan-Nya, serta kepada apa yang diberikan dan yang tidak diberikan-NyaSikap ini merupakan ciri utama orang yang akan meraih kemanisan dan kesempurnaan iman, sebagaimana sabda Rasulullah : “Akan merasakan kelezatan/kemanisan iman, orang yang ridha dengan Allah  sebagai Rabb-nya dan islam sebagai agamanya serta (nabi) Muhammad  sebagai rasulnya” (H.R Muslim) Beberapa pelajaran berharga yang dapat kita petik dari kisah di atas:
Bersandar dan bersarah diri kepada Allah  adalah sebaik-baik usaha untuk mendapatkan kebaikan dan kecukupan dari-Nya. Allah berfrman: “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya” (Ath-Talaaq: 3). Ridha dengan segala ketentuan dan pilihan Allah  bagi hamba-Nya adalah termasuk bersangka baik kepada-Nya dan ini merupakan sebab utama Allah  akan selalu melimpahkan kebaikan dan keutmaan bagi hamba-Nya. Dalam sebuah hadits qudsi Allah  berfrman: “Aku (akan memperlakukan hamba-Ku) sesuai dengan persangkaannya kepadaku” (H.R Bukhari dan Muslim)

Makna hadits ini: Allah akan memperlakukan seorang hamba sesuai dengan persangkaan hamba tersebut kepada-Nya, dan Dia akan berbuat pada hamba-Nya sesuai dengan harapan baik atau buruk dari hamba tersebut, maka hendaknya hambat ersebut selalu menjadikan baik persangkaan dan harapannya kepada Allah. Takdir yang Allah  tetapkan bagi hamba-Nya, baik berupa kemiskinan atau kekayaan, sehat atau sakit, kegagalan dalam usaha atau keberhasilan dan lain sebagainya, wajib diyakini bahwa itu semua adalah yang terbaik bagi hamba tersebut, karena Allah  maha mengetahui bahwa di antara hamba-Nya ada yang akan semakin baik agamanya jika dia diberikan kemiskinan, sementara yang lain semakin baik dengan kekayaan, dan demikian seterusnya.

Imam Ibnu Mufih al-Maqdisi berkata: “Dunia (harta) tidaklah dilarang (dicela) pada zatnya, tapi karena (dikhawatirkan) harta itu menghalangi (manusia) untuk mencapai (ridha) Allah , sebagaimana kemiskinan tidaklah dituntut (dipuji) pada zatnya, tapi karena kemiskinan itu (umumnya) tidak menghalangi dan menyibukkan (manusia) dari (beribadah kepada) Allah. Barapa banyak orang kaya yang kekayaannya tidak menyibukkannya dari (beribadah kepada) Allah , seperti Nabi Sulaiman u, demikian pula (sahabat Nabi ) ‘Utsman (bin ‘Afan)  dan ‘Abdur Rahman bin ‘Auf . Dan berapa banyak orang miskin yang kemiskinannya (justru) melalaikannya dari beribadah kepada Allah dan memalingkannya dari kecintaan serta kedekatan kepada-Nya…”.

Orang yang paling mulia di sisi Allah  adalah orang yang mampu memanfaatkan keadaan yang Allah  pilihkan baginya untuk meraih takwa dan kedekatan di sisi-Nya, maka jika diberi kekayaan dia bersyukur dan jika diberi kemiskinan dia bersabar. Allah  berfrman: “Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa diantara kamu” (Al-Hujuraat: 13).

Dan Rasulullah  bersabda: “Alangkah mengagumkan keadaan seorang mukmin, karena semua keadaannya membawa) kebaikan (untuk dirinya), dan ini hanya ada pada seorang mukmin; jika dia mendapatkan kesenangan dia akan bersyukur, maka itu adalah kebaikan baginya, dan jika dia ditimpa kesusahan dia akan bersabar, maka itu adalah kebaikan baginya”(H.R Muslim)

Wa shallallahu ‘alaa Nabiyyina Muhammad (Majalah Kesehatan Muslim)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel